Senin, 20 Juni 2016

Pengertian Root Android Serta Kelebihan dan Kekuranganya


Root..
Apa itu root?? Akar? Heheh bukan itu yang dimaksud di sini.
Jadi root itu apaan??
Untuk yang belom tau apa itu root android saya jelasin nih.

1. Apa itu root android?
Root android merupakan sebuah modifikasi sistem pada android sehingga pengguna mendapatkan akses penuh pada android nya. Pengguna yang sudah melakukan root pada android nya bisa mengubah, menambah, mengurangi, bahkan menghapus elemen-elemen pada sistem operasi android atau disebut OS (operating system). Prinsipnya mirip dengan jailbreak pada IOS.

2. Apa kelebihan android yang sudah di root?

- Anda bisa Menghapus bloatware
Bloatware adalah perangkat lunak bawaan android yang tidak anda butuhkan dan ingin dihapus untuk menghemat memori.

- Anda bisa menginstall Custom ROM
Kalau anda beli android misalnya galaxy grand prime maka ROM yang terinstall adalah ROM galaxy grand prime. Custom ROM di sini berarti mengganti ROM asli android anda dengan ROM smartphone jenis lain yang sudah dimodifikasi sehingga android anda nampak seperti smartphone lain sesuai dengan ROM nya.

- Anda bisa Overclock android anda.
Overclock adalah proses mempercepat kerja RAM android anda. Untuk melakukan Overclock juga membutuhkan akses root.

- Anda bisa backup penuh android anda
Backup android bisa lebih mudah menggunakan aplikasi Titanium Backup. Dengan aplikasi tersebut data" anda yang di backup akan tersimpan dengan aman. Tentu saja aplikasi ini juga membutuhkan akses root agar dapat berjalan di android anda.

3. Apa kekurangan android yang sudah di root?

- Garansi android anda hilang/hangus
Yap inilah yang membuat orang ragu-ragu untuk ngeroot android mereka. Yang pasti garansi android anda akan hilang jika sudah di root. Usahakan gunakan hp cadangan saja yang di root supaya garansi hp kesayangan masih utuh. Jadi kalo memang garansi udah habis ngeroot nya bisa tenang :D

Kesimpulan nya ngeroot android memang membawa banyak manfaat.. namun ada efek samping nya juga. Tapi bagi saya tidak rugi ngeroot android karena sampai sekarang hape saya masih jalan lancar tanpa hambatan :D

Sampe sini aja .. Kalo cara nge root nya kapan-kapan saya kasih.
Kalo masih kurang jelas bisa tanya" dibawah.

0 komentar:

Posting Komentar